RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(01)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
Muhammadiyah 2 Pekanbaru
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik
|
:
|
Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Teks
Anekdot
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Pertemuan
|
:
|
1x pertemuan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
4x45 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A
|
Kompetensi
Inti
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1
|
Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan
kebijakan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
|
Memahami
isi teks anekdot.
a.
Memahami struktur teks anekdot
b. Memahami kaidah teks anekdot
c. Menginterpretasi makna kata dalam teks anekdot
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1
|
Menginterpretasi struktur teks anekdot.
a. Menginterpretasi makna istilah dalam teks anekdot.
b. Menginterpretasi makna ungkapan dalam teks anekdot
c. Menginterpretasi
makna teks anekdot
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memahami kaidah teks anekdot.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Setelah
membaca beberapa contoh teks anekdot, mendiskusikan, berlatih dengan jujur, disiplin, sopan,
bertanggung jawab, santun maka
siswa dapat :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Memahami isi teks anekdot yang dibacanya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Memahami struktur teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Memahami kaidah teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Menginterpretasi makna kata dalam teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Menginterpretasi makna istilah dalam teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
f.
|
Menginterpretasi makna ungkapan dalam teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
g.
|
Menginterpretasi makna teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Materi
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pengenalan teks anekdot dan pemahaman isinya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Pemahaman struktur teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pemahaman kaidah teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Interpretasi makna kata dalam teks anekdot
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
e.
|
Interpretasi makna istilah dalam
teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
f.
|
Interpretasi makna ungkapan dalam teks
anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
g.
|
Interpretasi makna teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Metode
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Metode
diskusi kelompok dan Penugasan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F.
|
Media. Alat dan sumber belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Media : Media
Elektronik (internet)
dan cetak
2. Alat : Infokus,
internet
3. Sumber
belajar :
a. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
b. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahapan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
1.
|
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
|
10 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema
pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama,
tanggung jawab, dan cinta damai.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
(150 menit)
|
Mengamati
|
20 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Siswa membaca
contoh teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Siswa secara
kelompok mencermati
uraian yang berkaitan dengan struktur teks
anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
|
Siswa mendengarkan
pembacaan contoh teks anekdot yang lain.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
|
Siswa secara kelompok mencermati ciri-ciri teks anekdot berdasarkan
isi dan strukturnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mempertanyakan
|
25 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9.
|
Siswa
secara kelompok mempertanyakan
struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10.
|
Siswa secara kelompok mempertanyakan ciri-ciri teks
anekdot berdasarkan isi dan strukturnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11.
|
Siswa secara
kelompok membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengeksplorasi
|
35 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12.
|
Siswa secara
kelompok berdiskusi untuk menemukan
struktur teks anekdot
(abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13.
|
Siswa
secara kelompok berdiskusi untuk menemukan
ciri teks anekdot berdasarkan isi dan strukturnya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14.
|
Siswa secara
kelompok berdiskusi untuk menjelaskan
makna kata, istilah, ungkapan dalam teks
anekdot.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengasosiasikan
|
30 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15.
|
Siswa
secara kelompok berdiskusi untuk
menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur (abstrak, orientasi,
krisis, respon, coda) dan ciri teks anekdot dalam diskusi kelas dengan saling
menghargai, bekerja sama, dan bertanggung jawab.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16.
|
Siswa
secara kelompok berdiskusi untuk menyimpulkan
hasil temuan terkait makna
kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anedot, dalam diskusi kelas dengan saling
menghargai, bekerja sama, dan bertanggung jawab.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengomunikasikan
|
40 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
17.
|
Siswa secara
kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompok
terkait dengan struktur (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri
bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi
temporal).
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
18.
|
Siswa lain menanggapi presentasi teman/ kelompok lain secara santun,
kritis, dan bertanggung jawab.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
19.
|
Siswa secara
kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompok terkait dengan makna
kata, istilah, ungkapan dalam teks
anedot dengan rasa percaya diri.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
20.
|
Siswa lain menanggapi presentasi teman/ kelompok
lain secara santun, kritis, dan bertanggung jawab.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
21.
|
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran terkait dengan teks anekdot.
|
20 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22.
|
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
23.
|
Siswa
menjawab pertanyaan tentang teks anekdot yang diberikan oleh guru.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
24.
|
Siswa mengerjakan tugas-tugas tambahan terkait
dengan teks anekdot yang diberikan oleh guru. (Pekerjaan Rumah)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
25.
|
Siswa
menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H.
|
Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Penilaian
Proses
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lembar
Pengamatan Sikap (Terlampir)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pedoman
Penilaian:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3.
cukup, 4. baik, 5. amat baik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nilai Akhir
Siswa:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Penilaian
Hasil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pedoman Penilaian:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Tulis Ulang Teks Anekdot
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nama
Kelas
Judul
|
:
:
:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nilai Akhir
Siswa:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Presentasi
Kelompok
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nilai Akhir
Siswa:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui,
Wakil Kurikilum Guru
Mata Pelajaran
Drs. Zamri Neli
Puspawati, S. Pd
NKTAM. 758 329 NKTAM.
1145160
Tidak ada komentar:
Posting Komentar