Tinkerbell INFORMASI DARIKU: KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA AAMIIN

Selasa, 17 September 2024

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

 Assalamulaikum, saya akan menyajikan koneksi antar materi modul 2.2 dalam Program Pendidikan Calon Guru Penggerak dengan menggunakan pertanyaan pemandu sebagai berikut:                                 

1. Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa …… sehingga…. setelah mempelajari modul ini, ternyata ……

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran sosial emosional tidak termasuk dalam kurikulum Pendidikan, sehingga tidak perlu diintegrasaikan dalam pembelajaran di kelas. Setelah mempelajari modul ini, ternyata saya memahami bahwa pembelajaran sosial emosional memiliki peran penting dalam Pendidikan sehingga perlu diintegrasikan dengan pembelajaran di sekolah dan dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang direalisasikan dengan aksi nyata. 

2. Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being),  3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah:

Tiga hal mendasar dan penting yang saya pelajari dari modul pembelajaran sosial emosional yaitu:

1. Pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang memberikan kesempatan sama bagi semua murid untuk belajar dan berkembang tanpa memandang perbedaan latar belakang murid atau kebutuhan khusus murid dalam mendukung psikologis murid (lingkungan inklusif). Lingkungan yang aman dan nyaman sangat mendukung kesejahteraan psikologis murid, melalui  pembelajran sosial emosional dapat membantu menciptakan lingkungan nyaman dan aman ini karena mencakup 5 komponen sosial emosional yaitu kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab. 


        Dengan mengintegrasikan PSE ke dalam kurikulum dan praktik sehari-hari di sekolah, Contohnya menciptakan lingkungan nyaman dan aman bagi murid. PSE dapat diintegrasikan dalam praktek mengajar dan kurikulum akademik seperti mengarahkan murid melakukan kesadaran diri dengan cara mengungkapkan perasaan dalam bentuk emoji beserta alasannya pada buku catatan sebelum memulai pembelajaran, hal ini dapat membantu guru mengetahui keadaan anak dan membantu guru dalam mengambil tindakan selanjutnya dalam proses pembelajaran.

     Selain itu PSE dapat pula diintegrasikan dalam penciptaan iklim kelas dan budaya di sekolah, guru dan murid membuat ketakinan kelas dengan berdasar pada nilai Kebajikan sesuai karakter profil pelajar Pancasila, keyakinan kelas ini dapat dijadikan norma pengendali perilaku murid di sekolah. Dengan adanya keyakinan kelas ini, maka murid akan melakukan kesadaran dalam bersosial.

2. Pembelajaran sosial emosional berfokus pada pengembangan keterampilan seperti kesadaran diri, pengelolaan emosi, empati, dan keterampilan sosial. Keterampilan ini penting untuk membantu siswa memahami dan mengelola perasaan mereka sendiri, berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang positif, dan membuat keputusan

yang bertanggungjawab. Dengan memiliki 5 kompetensi Sosial Emosional ini, dapat membantu murid menjalani hidup dengan selamat dan bahagia.

3.Penerapan PSE memerlukan dukungan dari semua pihak, yaitu seluruh warga sekolah termasuk orang tua dan orang-orang yang berada di lingkungan hidup murid. Di sekolah, PSE dapat dilakukan dengan menciptakan budaya sekolah yang mendukung nilai-nilai sosial emosional yang memungkinkan murid untuk melakukannya. Seperti membuat dan melaksanakan program sekolah yang didalamnya terdapat PSE atau mengintegrasikan PSE dalam 


pembelajaran. Sekolah juga dapat berkolaborasi dengan orang tua murid dalam penerapan PSE dengan cara mengadakan pertemuan antar orang tua dan warga sekolah yang membahas PSE dan penerapannya dalam kehidupan murid sehari-hari.





3. Berk aitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di  kelas dan sekolah:

a. bagi murid-muri

Sebagai pemimimpin pembelajaran, dengan kesadaran penuh saya akan menjadi teladan bagi muriddengan melakukan manajemen diri yang lebih baik sebagai guru di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara bahwa guru memiliki peran untuk meuntun murid dalam pembelajaran sesuai kodrat yang dimilikinya agar mencapai tujuan hidup yang semangat dan bahagia. Sebagai guru dengan kesadaran penuh akan melaksanakan PSE serta menerapkan PSE dalam kegiatan sehari-hari Bersama murid di kelas dan sekolah. Hal ini saya mulai dengan mengintegrasikan PSE dalam pembelajaran sesuai dengan

kurikulum akademik di sekolah. Seperti:

  • Membuat keyakinan kelas di awal tahun pembelajaran dan membuat kesepakatan kelas pada tiap awal pembelajaran. Hal ini dapat melatih kesadaran sosial bagi diri  murid dan menciptakan iklim positif di sekolah.
  • Meminta murid memimpin doa setiap memulai dan mengakhiri pembelajaran secara bergantian untuk menumbuhkan keterampilan pengambilan Keputusan bertanggungjawab pada diri murid. Serta meningkatkan kesadaran diri untuk menanamkan ketaatan beribadah.
  • Menanyakan perasaan murid sebelum memulai pembelajaran, membantu murid untuk melatih kesadaran diri tentang keadaan dirinya sendiri dan membantu guru sebelum mengambil tindakan Ketika akan belajar.
  •  Menggunakan metode belajar yang dapat melatih keterampilan berelasi bagi diri murid seperti belajar dengan cara berkelompok/berpasangan/wawancara.
  •  Melakukan Teknik STOP Ketika murid menunjukkan tanda focus terganngu saat belajar, hal ini dapat melatih murid dalam memanajemen diri.


b. bagi rekan sejawat:

        Sebagai salah satu guru yang mengurus komunitas belajar di sekolah, saya akan berusaha membagi hasil pembelajaran Modul PSE dengan menjadi narasumber pada kegiatan kombel. Mengajak rekan sejawat berdiskusi untuk menerapkan PSE di kelas, mengajak  rekan sejawat melibatkan siswa dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional baik di kelas maupun lingkungan sekolah. Hal yang paling penting adalah mengajak rekaan sejawat untuk menyadari secara penuh bahwa PSE perlu diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas.


Demikian pemaparan koneksi antar materi modul 2.2 yang saya paparkan. semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar