Tinkerbell INFORMASI DARIKU: Contoh Teks Berita Hasil Wawan Cara
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA AAMIIN

Selasa, 25 Maret 2014

Contoh Teks Berita Hasil Wawan Cara



Kuliah Menyenangkan

Triska Wahyuni (19) Mahasiswa semester IV Prodi (Program Studi) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP (Fakultas Keguruan daN Ilmu Pendidikan) UIR (Universitas Islam Riau) Pekanbaru. Triska Berpendapat sangat senang kuliah di UIR. ”Sistim perkuliahan yang menomorsatukan kebebasan sangat menyenangkan,” ungkapnya saat wartawan meminta pendapatnya di ruang 6.53 lantai dasar gedung FKIP C kemarin (26/4).
Menurut Triska, selain sistem perkuliahan yang menyenangkan, dosen dan teman juga sangat baik. “Pada umumnya dosen yang mendajar di semester IV sangat baik dan memahami kondisi Mahasiswanya. Begitu juga dengan teman-teman yang selalu mau berbagi pengetahuan.”.
Gadis kelahiran asli Pekanbaru itu Menyatakan sangat terbantu dengan adanya sistem perkuliahan yang bebas, dosen dan teman yang baik dalam mencapai prestasi. “Saya mendapat pengetahuan yang belum pernah saya ketahui, sehingga saya merasa lebih mudah meraih prestasi untuk mencapai cita-cita,” tegasnya.


sedikit teori 
 
Menulis Berita Hasil Wawancara
Pada dasarnya menulis berita dari hasil wawancara, hampir sama dengan menulis berita dari hasil pidato/ceramah. Perbedaanya terletak pada cara memperoleh bahanya atau informasinya. Jika menulis berita pidato/ceramah, seorang wartawan bersikap pasif yaitu mendengar dan menganalisis bahan terpenting dari pidato/ceramah untuk dijadikan berita tanpa harus mempersiapkan rencana terlebih dahulu (membuat  term of referency). Sedangkan untuk memperoleh bahan/informasi berita hasil wawancara, wartawan harus melakukan perencanaan dengan membuat panduan berupa Daftar pertanyaan untuk nara sumber berupa TOR (term of referency), bisa disiapkan oleh wartawan itu sendiri atau oleh redaktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar