RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 2 Singingi Hilir
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/ II (Genap)
Tema : Pengenalan, Pencermatan, dan
Pemahaman Berbagai Jenis Teks
Sub Tema : Pengelolahan Sampah
Pertemuan Ke/
kegiatan : 1
Alokasi Waktu :
1 x 40 menit
- Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
- Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
1.2 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memehami informasi lisan dan tulis.
3.1 Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.1 Menangkap makna teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi dan cerita pendek secara
lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2. Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anaugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
3. Memiliki
perilaku jujur, tanggungjawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
4. Siswa
mampu membangun konteks subtema pengelolaan
sampah.
5. Siswa
mampu mengenali jenis teks.
6. Siswa
mampu mengenal struktur teks
- Tujuan Pemebelajaran
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
2. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis.
3. Menunjukan
sikap jujur, tanggungjawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia
dalam menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
4. Membangun
konteks dari teks bertema pengelolaan sampah.
5. Mengenal
jenis teks.
6. Mengenal
struktur teks .
- Materi Pembelajaran
1. Membangun
konteks .
2. Mengenali
teks.
3. Mengenal
struktur teks.
- Metode Pembelajaran
Metode
siciantifiki, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
- Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
pendahuluan/awal
1) Guru
mengondisikan kelas
2) Guru
melakukan apersepsi
3) Guru
menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran
4) Guru
menyampaikan rencana pelaksanaan pembelajaran atau metode pembelajaran
5) Guru
memotivasi siswa jika diperlukan.
b.
Kegiatan
Inti
1) Siswa
menjawab pertanyaan untuk membangun konteks atau pengetahuan awal tentang
pengelolaan sampah.
2) Siswa
mengamati gambar untuk memperkuat pengetahuan awal siswa tentang pengelolaan
sampah.
3) Siswa
membaca teks bertema pengelolaan sampah.
4) Siswa
menjawap pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam mengenali
jenis teks.
5) Guru
menyampaikan dan menjelaskan kembali, tentang devinisi dan struktur teks
eksplanasi seperti yang telah dipelajari pada bab V.
6) Siswa menjawab pertanyaan untuk mengenal
struktur teks.
7) Bersama Guru, siswa membedakan struktur teks eksplanasi dengan teks yang telah dipelajari dalam buku panduan bab I-V kurikulum 2013.
c.
Kegiatan
Penutup
1) Siswa melakukan refleksi dalam bimbingan guru.
2) Siswa
menyimpulkan pembelajaran yang telah disampaikan dengan bimbingan guru.
3) Siswa
melaksanakan evaluasi yang diberikan guru.
4) Pesan-pesan
dari guru atau tugas/pekerjaan rumah.
- Penilaian Proses dan Hasil
- Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
keterangan
|
1
|
Relijius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
2
|
Tanggung Jawab
|
||||
3
|
Peduli
|
||||
4
|
Responsif
|
||||
5
|
Santun
|
- Penilaian Hasil
Indikator pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penelitian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Membangun konteks
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
|
Mengenali
teks
|
Tes
tertulis
|
Ter
uraian
|
|
Mengenal
struktur teks
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
|
Pedoman penskoran:
Soal
no. 1
Instrumen
|
Aspek
penilaian
|
skor
|
Sebutkan isi
teks pengelolaan sampah yang Anda baca?
|
Jawaban sempurna
|
5
|
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
|
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
|
5
|
Kunci jawaban:
Isi
teks bertema pengelolaan sampah dengan judul ‘Teknologi Proses Sampah’ yaitu:
dengan menggunakan teknologi sampah yang tepat dapat menjadikan sampah yang
dikenal sebagai barang tidak berguna, berbau, kotor, bahkan sumber penyakit menjadi
barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis tinggi.
Soal no. 2
Instrumen
|
Aspek
penilaian
|
Skor
|
Tergolong
kedalam jenis teks apakah teks bertema pengelolaan sampah yang telah Anda
baca, sebutkan ciri-cirinya!
|
Jawaban sempurna
|
5
|
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
|
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
5
|
Kunci Jawaban:
Teks bertema
pengelolaan sampah yang berjudul “Teknologi proses Sampah” tergolong ke dalam
teks eksplanasi, karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Pada bagian pembukaan atau paragraf petama berupa pernyataan umum tentang teknologi yang tepat untuk mengelola sampah.
- Pada bagian ke dua atau paragraf ke dua berupa deretan penjelasan tentang hasil penggunaan teknologi pembakaran sampah.
- Pada bagian ke tiga atau paragraf penutup berupa interpretasi yang berisi kesimpulan.
Soal no. 3
Instrumen
|
Aspek
|
Skor
|
Sebutkan
bagian struktur teks eksplanasi!
|
Jawaban sempurna
|
5
|
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
|
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
5
|
Kunci
jawaban:
struktur
teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum (pembuka), deretan penjelasan(
proses terjadi), dan interprestasi (opsional).
Penjelasan:
- Pada bagian pertama struktur eksplanasi berupa pernyataan umum yang berperan sebagai bagian pembuka,
- Pada bagian ke dua teks eksplanasi adalah deretan penjelasan, dan
- Pada bagian ke tiga teks eksplanasi adalah interpretasi (opsional) sebagai penutup.
- Sumber Belajar
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahua,jakarta: Politeknik
Negeri Media Kreatif.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahua,jakarta: Politeknik Negeri Media
Kreatif.
Depdiknas
dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Kurikulum
2013.
- Lampiran
Materi Pembelajaran
Pada
Bab ini, diharapkan siswa dapat menggunakan berbagai jenis teks dan menjalani
kegiatan sehari-sehari. Siswa diharapkan dapat menyampaikan satu tema dengan
jenis-jenis teks yang berbeda-berbeda secara berganti-ganti. Di samping itu
siswa juga diharapkan mampu menggunakan campuran berbagai jenis teks dalam
menyampaikan sesuatu.
Pada
kegiatan satu ini guru mengajak siswa menyusun struktur teks yang berbeda
dengan tema yang sama. Tema yang dipilih adalah tema yang berkembang dalam
kehidupan sehari-hari sehingga konteks yang ada dapat dipahami siswa dengan
mudah. Tema tersebut adalah “Pengelolaan Sampah”.
Contoh
teks eksplanasi tema pengelolaan sampah
Teknologi
Proses Sampah
Dengan
teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor,
berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang
yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Sampah arnorganik
bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling), sedangkan samoah organik dapat dimanfaatkan industri
pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri
energi/industri bahan bangunan.
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1)
teknologi pembakaran (incinerator),
(2) teknologi pengomposan (composting),
(3) teknologi penimbunan tanah (land
fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi
pembakaran(incinerator) menghasilkan
produk samping berupa logam bekas (skrap)
dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi
pengomposan (composting) menghasilkan
pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Teknologi penimbunan tanah (landfill) dimanfaatkan untuk menimbuntanahrendah.
Teknologi daur ulang (recycling) dapat
dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan
dalam kehidupan sehari-hari. Sampah dipungut dan dikumpulkan, misalnya kertas,
kardus, pecahan kaca, botol bekas, logam-logam, plastik dan sebagainya.
barang-baran bekas ini bisa dikirim ke pabrik yang melakukan daur ulang
sehingga barang bekas tadi dapat diolah menjadi bahan baku, yang dapat
menghasilkan produk daur ulang seperti karton, kardus pembungkus, alat-alat dan
perangkat rumah tangga dari plastik dan kaca.
Persoalanya
adalah sebagian besar kat belum menyadari pentingnya teknologi pengolahan
sampah. Sekarang bergantung pada masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai
bahan yang kotor, bau, menjijikan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang
bermanfaat bagi kehidupan.
Definisi
Teks Eksplanasi
Teks
eksplanasi adalah karangan yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya
fenomena alam atau fenomena sosial.
Ciri-ciri
teks eksplanasi
- Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
- Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
- Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan (Misalnya: Sains).
Struktur
teks eksplanasi
Teks
eksplanasi terdiri atas tiga bagian yaitu:
- Pernyataan umum : Merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan yang bersifat umum.
- Deretan Penjelasan : Merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan
- Interprestasi : Berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat opsional, boleh ada atau juga boleh tidak.
Contoh
teks eksplanasi beserta strukturnya
Struktur
teks
|
peristiwa
|
Pernyataan
Umum
|
Dengan
teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor,
berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang
yang bisadimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Sampah arnorganik
bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling), sedangkan samoah organik dapat dimanfaatkan industri
pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri
energi/industri bahan bangunan.
|
Deretan
Penjelasan
|
Sampah
yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses
lanjutan. Teknologi yang digunakan
dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi
pengomposan (composting), (3)
teknologi penimbunan tanah (land fill),
dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran(incinerator) menghasilkan produk
samping berupa logam bekas (skrap)
dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi
pengomposan (composting)
menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Teknologi
penimbunan tanah (landfill)dimanfaatkan
untuk menimbuntanahrendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi
barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sampah
dipungut dan dikumpulkan, misalnya kertas, kardus, pecahan kaca, botol bekas,
logam-logam, plastik dan sebagainya. barang-baran bekas ini bisa dikirim ke
pabrik yang melakukan daur ulang sehingga barang bekas tadi dapat diolah
menjadi bahan baku, yang dapat menghasilkan produk daur ulang seperti karton,
kardus pembungkus, alat-alat dan perangkat rumah tangga dari plastik dan
kaca.
|
Interprestasi
|
Persoalanya adalah
sebagian besar kat belum menyadari pentingnya teknologi pengolahan sampah.
Sekarang bergantung pada masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai bahan
yang kotor, bau, menjijikan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang
bermanfaat bagi kehidupan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar