Tinkerbell INFORMASI DARIKU: MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SEMESTER GENAP
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA AAMIIN

Senin, 22 Januari 2024

MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SEMESTER GENAP

 A. PENDAHULUAN

    Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, dimana konten dibuat lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dasar-Dasar hukum implementasi kurikulum merdeka, diantaranya yaitu:

1. Permendikbudristek NO. 5 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini , Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

2. Permendikbudristek NO. 7 tahun 2022 tentang standar isipada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

3. Kemdikbudristek No 56 tahun 2022 tentang pedoman Penerapan Kurikulum salam Ragka Pemulihan Pembelajaran.

4. Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek No. 033/h/kr/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka yang merupakan revisi atau perubahan dari keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek No.008/H/RK/2022 tentang Capaian Pembelajaran.

5. Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek No. 009/H/RK/2022 tahun 2022 tentang Dimensi, Elemen, danSub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.


B. PENGERTIAN CP, TP, DAN ATP

1.       Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan yang dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Capaian pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komperhensif dalam bentuk narasi.

2.       Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan seskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju capaian pembelajaran.

3.       Alur tujuan pembelajaran

Atp adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut uurutan pembelajaran sejak awal hingga akhir dalam satu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana ututankegiatan pembelajaran yang di lakukan dari hari ke hari.


C. PRINSIP MENYUSUN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Sederhana dan informative


2. Mengoptimalkan tiga aspek kompetensi 

3. Merdeka belajar

4. Esensial dan kontekstual

5. Berkesinambungan

6. Operasional dan aplikatif

7. Adaptif dan fleksibel





D. ILUSTRASI ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN













                     E. Prosedur Penyusunan ATP Kurikulum Merdeka

1.       Melakukan analisis capaian pembelajaran (CP) yang memuat materi dan Kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap.

2.       Identifikasi kompetensi-kopetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai di akhir fase.

3.       Melakukan analisis setiap elemen dan atau subelemen profil pelajar pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan capaian pembelajaran pada fase tersebut. Ada 6 dimensi profil pelajra pancasila

4.       Berdasarkan identifikasi kompetensi di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

5.       Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pebelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

6.       Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama)

7.       Berdasarkan perumusan tujuan pembelajaran, tentukan jumlah jam pembelajaran yang diperlukan. Contoh tujuan pembelajaran untuk mencapai astu kompetensi pengetahuan 120 menit, keterampilan 480 menit dan sikap 120 menit.


F. Contoh Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII Semester Genap

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Fase D (CP)

Elemen : Membaca dan memirsa

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visualdan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audiovisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik actual yang dibaca dan dipirsa.

ALUR MATERI

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Menganalisis Teks Berita

 1.Setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode membaca predeiksi, peserta didik dapat mengetahui dan memahami isi berita dengan benar.

.     2.Setelah mengikuti proses belajar mengajar menggunakan metode membaca scanning, peserta didik dapat menemukan makna kosakata baru dalam kamus untuk memahami isi berita dengan benar.

Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME., dan berakhlak mulia

Mandiri

Bekerja sama

kreatif

Bernalar kritis

 

6 JP (2 pertemuan dalam satu minggu, 3 x 40 menit)

 

Elemen : Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik actual yang didengar.

 

ALUR MATERI

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Mengenali        Karakteristik Berbagai Media Informasi

   1.Setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode tanya jawab, peserta didik dapat menganalisis/membandingkan media penyampaian berita baik    cetakmauoun  digital dengan benar.

       2. Setelah mengikuti proses belajar mengajar menggunakan metode diskusi, peserta didik dapat menganalisis berita audiovisual dengan benar.

Bekerja sama

kreatif

Bernalar kritis

 

6 JP (2 kali pertemuan dalam satu minggu/ @3 x 40 menit)

 

Elemen : Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakanmetodelogi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli dan pendapat pro/kontra secara etis dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimodal. Peserta didik mampu menggunakan dan mengembangkan kosakata baru yang memiliki makna denotative,konotatif, dan kiasan untuk menulis. Peserta didik menyampaikan tulisan berdasarkan fakta, pengalaman, dan imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa kata secara kreatif.

ALUR MATERI

TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

Menelisik berita palsu

    1.       Setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode diskusi, peserta didik dapat menganalisis sumber berita dengan benar.

    2.       Setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode proyek, peserta didik dapat menulis teks berita sesuai dengan strukturnya.

Bekerja sama

Mandiri

kreatif

Bernalar kritis

Berkebinekaan global

 

12 JP (4 kali pertemuan/@4x40menit)



 

4 komentar:

  1. Sangat bagus dapat menginspirasi pembaca, lanjutkan Bu Siti suratmi

    BalasHapus
  2. bagus buk kontenya... lanjytkan

    BalasHapus
  3. terima kasih informasinya gan... pemula kumer

    BalasHapus