Tinkerbell INFORMASI DARIKU: Eksposisi
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA AAMIIN

Rabu, 10 September 2014

Eksposisi



TEKS EKSPOSISI
Teks eksposisi diartikan sebagai teks yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Teks eksposisi membahas dan mengandung beberapa kegiatan. Kegiatan itu seperti merumuskan, menguraikan, membandingkan, menghubungkan, menafsirkan, menilai, dan menyimpulkan.
Teks eksposisi dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta. Bahkan, teks eksposisi juga dilengkapi dengan media-media visual, seperti tabel, grafik, dan peta. Teks eksposisi bertujuan menyampaikan informasi berdasarkan fakta-fakta secara teratur, logis dan saling bertautan. Hal tersebut dengan maksud untuk menjelaskan suatu ide, istilah, masalah, proses, unsur-unsur sesuatu hubungan sebab-akibat dan sebagainya agar diketahui oleh orang lain.
Karakteristik teks eksposisi yang menjadi ciri khasnya, yaitu:
1.      Memaparkan/menjelaskan
2.      Menyajikan fakta-fakta
3.      Menggunakan kata-kata lugas/tidak berbelit-belit
4.      Memberi informasi/wawasan kepada pembaca
Struktur teks Eksposisi dibedakan menjadi dua yaitu:
1

2.      Struktur eksposisi
a.       Pernyataan pendapat (tesis): Pada bagian ini, berisikan pendapat atau prediksi sang penulis yang tentunya berdasarkan sebuah fakta.
b.      Argumentasi : Alasan penulis berdasarkan/berisikan fakta-fakta yang dapat mendukung pendapat atau prediksi sang penulis.
c.       Penegasan ulang pendapat: bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Pada bagian ini pula bisa disematkan hal-hal yang patut diperhatikan atau dilakukan supaya pendapat atau prediksi sang penulis dapat terbukti.

Bentuk teks eksposisi
Berdasrkan bentuknya teks eksposisi dapat dibedakan sebagai berikut.
1.      berita,
2.      resep,
3.      artikel
4.      laporan
5.      buku pelajaran
Ragam bentuk teks eksposisi tersebut memiliki struktur yang berbeda-beda. Teks berita disusun dengan pola 5W+H1. Teks resep disusun atas paparan alat, bahan serta lagkah-langkah. Teks laporan disusun atas pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Secara umum, beragam bentuk teks eksposisi tersebut ditandai oleh kesamaan yaitu penggunaan kata-kata lugas yakni kata-kata yang bermakna apa adanya, tidak mengandung makna kias atau penambahan-penambahan arti dari maksud sebenarnya.
Ciri bahasa teks eksposisi
1.      Bahasanya ilmiah        : mengandung pengetahuan/ilmu/informasi
2.      Bahasanya baku          : sesuai dengan kaidah bahasa indonesia
3.      Terdapat kata istilah    : kata atau gabungan kata yang mengungkapkan makna
4.      Terdapat kata leksikal : kata yang maknanya diterangkan dalam kamus
5.      Terdapat kata pronomina : kata yang menggantikan orang atau benda, seperti aku, kamu, dia, kita,  kalian, mereka.
6.      Kalimat langsung        : kalimat yang diucapkan secara langsung kepada orang yang dituju. Kalimat langsung ditandai dengan pemakaian tanda petik (" ... ").


Contoh teks eksposisi
Sebanyak 150 siswa SMA dari JawaBarat, DKI Jakarta, Lampung, dan Banten, mengadakan kunjungan seni budaya bertajuk “Jejak Tradisi Daerah Tasikmalaya” pada 20-21 Juni 2014. Siswa mengunjungi sentra kerajinan batik, kelom geulis, payung geulis, serta kampung adat tasik malaya.
Kegiatan ini adalah program rutin yang diselenggarakan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Bandung. Sebelumnya, BPSNT  juga melakukan kunjungan ke kota tua Jakarta, Candi Batu Jaya di Karawang, dan Kampung Adat Sinaresmi di Sukabumi.
Kepala BPSNT, Toto Sucipto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang keanekaragaman budaya dan arti penting dari kreativitas di masyarakat. Ia berharap siswa bia mengambil semangat dari setiap kerja keras dan kreativitas pelaku usaha dan masyarakat adat. “Banyak tradisi yang kini nyaris punah. Padahal, banyak pesan dan warisan dari tradisi itu yang memberikan karakteristik bangsa,” kata Toto.
Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga Kota Tasikmalaya Tantan Rustandi mengtakan kunjungan ini diharapkan bisa mempromosikan keunggulan Tasikmalaya. Ia mengatakan sektor UKM seperti kelom dan payung adalah khas Tasikmalaya yang tidak ditemukan di daerah lain.ia berharap, peminat dari kalangan generasi muda bisa terbangun dan membuat warisan tradisi tetap terjaga (kompas.com).

Sumber rujukan
1.      Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
2.       Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
3.      Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X (kelompok wajib). Jakarta: Erlangga.
4.      Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
5.      Apriyansah, Bintang. 2013. “Ciri-ciri Bahasa Teks Eksposisi” http://bintangapriansyah.wordpress.com/2013/11/20/ciri-ciri-teks-eksposisi-bahasa-indonesia/. 20 November.

1 komentar:

  1. pengajaran Bahasa Indonesia

    ------------------------------------------------------
    ------------------------------------------------------

    Kamus Komputer:
    Computer Dictionary - கனினி அகரமுதலி
    in English – Indonesian – தமிலு (Thamizhu)
    Part-A, B & C.

    (1) https://vetrichezhian9.wordpress.com/கனினி-அகரமுதலி-பாகம்-A-computer-dictionary-part-A/
    (2) https://vetrichezhian9.wordpress.com/கனினி-அகரமுதலி-பாகம்-B-computer-dictionary-part-B/
    (3) https://vetrichezhian9.wordpress.com/கனினி-அகரமுதலி-பாகம்-C-computer-dictionary-part-C/

    ------------------------------------------------------

    Blog Bayi:
    Baby’s Blogs - பாப்பா வலைப்பதிவு
    in English – Indonesian – தமிலு (Thamizhu)

    (1) https://vetrichezhian9.wordpress.com/செய்திமடல்-பாகம்-25-newsletter-part-25/
    (2) https://vetrichezhian9.wordpress.com/செய்திமடல்-பாகம்-26-newsletter-part-26/

    ------------------------------------------------------
    ------------------------------------------------------

    BalasHapus